Selasa, 29 Januari 2013

SEKILAS TENTANG THORIQOTY


  Bahwa dipandang perlu mebudayakan belajar membaca kitab suci al Quran secara benar   sesuai dengan kaidah-kaidah tajwid al Quran bagi umat Islam di lingkungan keluarga, masyarakat, lemaga pendidikan formal, non formal dan informal serta instansi pemerintah dan swasta yang dikelola secara profesional.
          Bahwa tugas berat dan mula tesebut bukan menjadi tanggungjawab pemerintah saja, melainkan juga menjadi perhatian dan tanggungjawab semua umat Islam. Untuk  itu diperlukan wadah pemikiran, kerjakeras, kerjasama, pendanaan, dan strategi perjuangan untuk merealisasikan pembudayaan belajar membaca kitab suci al Quran.
          Lembaga pendidikan al Quran Metode Thoriqoty merupakan salah satu unit kegiatan Yayasan Pondok Pesantren Bustanul Mutaallimat al Blitari Kota Blitar yang bertujuan mencetak tenaga pendidik membaca kitab suci al Quran secara profesional, memasyarakatkan dan membudayakan  kemampuan membaca al Quran sesuai dengan kaidah-kaidah tajwid al Quran disemua lapisan masyarakat, serta menambah dan memperluas wawasan keilmuan al Quran sebagai dasar berfikir, bersikap, dan berprilaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
         
B.    VISI DAN MISI
Visi Lembaga Pendidikan al Quran  Metode Thoriqoty adalah membentuk masyarakat Islam yang berakhlak Quraniy.

 Misi Lembaga Pendidikan Alquran Metode Thoriqoty  sebagai berikut :
1.     Menata dan mengelola sistem manajemen di  lembaga pendidikan Metode Thoriqoty secara profesional
2.  Mengimplementasikan strategi pembelajaran dengan metode thoriqoty dalam membaca kitab suci  al Quran  sesuai kaidah-kaidah tajwid al Quran  dan membudayakan  Mushhaf Rosm Utsmaniy versi Madinah / Mesir/ Beirut.
3.     Menyediakan sarana  dan prasarana  yang mendukung kegiatan pembelajaran
4.  Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya pendidik disesuaikan dengan kebutuhan dan  dilaksanakan secara terprogram.

C.    TUJUAN
Tujuan  Lembaga Pendidikan al Quran Metode Thoriqoty adalah:
1. Menghasilkan tenaga pendidik membaca kitab suci al Quran yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional , kepribadian, dan sosial.
2.     Menghasilkan santri  yang memiliki kompetensi dalam membaca kitab suci  al Quran  sesuai kaidah-kaidah tajwid  al Quran  
3.     Membentuk pola pikir, sikap , prilaku tenaga pendidik, dan santri yang mencerminkan akhlak Quraniy dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
4.     Mensosialisasikan pembelajaran berjenjang dengan Rosm Ustmany versi Mushhaf Madinah/ Mesir/ Beirut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar